Tantangan level 4: belajar memasak

Ceritanya ini saya mau lanjutkan pengamatan pribadi saya tentang gaya belajar, karena batas setoran tugas tantangan 10 hari kelas bunda sayang IIP sendiri sudah berakhir di tanggal 6 Mei lalu. Gak apa-apa lah ya..

Tema memasak sendiri sudah kesekian kalinya saya bahas dan mungkin menjadi tema favorit di setiap tantangan kelas bunda sayang. Ya iyalah, kan memang saya sedang terus menambah jam terbang memasak di dapur, jadinya terus semangat deh menjadikannya bagian dari setoran tugas, hehe.

Saya ini orangnya pemalu sekali untuk bertanya tentang hal-hal yang tidak saya kuasai terutama kalau tidak merasa nyaman, baik dengan situasinya maupun dengan lingkungannya. Begitu juga untuk urusan memasak. Saya baru terpaksa bertanya di saat saya benar-benar perlu dan butuh akan suatu informasi.

Percaya ga, saya baru-baru ini saja belajar cara memotong ikan? Biasanya saya beli ikan di tukang sayur keliling di kompleks depan rumah dan tukangnya yang membersihkan ikan untuk semua pembelinya (tentu saja kalau diminta, hehe). Pagi itu saya beli ikan selar di tukang sayur yang terdekat dengan rumah dan tukangnya tidak bisa bantu untuk membersihkan.

Mencoba mengingat-ingat cara tukang sayur membersihkan ikan, saya masih merasa belum terlalu paham. Langsung saja saya cari di search engine youtube untuk menemukan tips membersihkan ikan. Youtube saves my life. Alhamdulillah langsung saya menemukan video cuplikan dari acara TV Dapur Mama Seru tentang tips memotong dan membersihkan ikan bersama Chef Muto, yang menurut saya sangat mudah dipahami. Oke, setelah berulang kali memutar video, saya merasa lebih percaya diri untuk langsung praktik. Link videonya bisa dilihat disini ya kalau penasaran ingin belajar.

Pengalaman lainnya adalah ketika mencari resep-resep masakan.

Tulisan masih akan bersambung.

One thought on “Tantangan level 4: belajar memasak

Leave a Reply

