Tantangan level 4: personality test

Pengamatan 2

Saya kembali melakukan tes dari buku “Who Am I? @psikologiID Personality Test Kenali & Upgrade Dirimu” untuk mengetahui gaya belajar yang cocok dan sesuai untuk saya.

PsikologID-oke-1

Buku ini sebenarnya punya adik bungsu saya. Kebetulan ketika membuka lemari bukunya, saya menemukan buku ini dan langsung tertarik untuk membaca isinya. Dan waktu itu saya langsung kerjakan bagian tes yang untuk mengetahui gaya belajar saya dan suami. Hasilnya waktu itu untuk saya adalah kombinasi antara visual dan auditori. Sementara hasil suami saya malah lupa; kalau tidak salah sih visual ya. Pengamatan pertama berdasarkan tes tabel dari IIP menyatakan bahwa saya dominan visual. Nah kan berbeda hasilnya.

Berdasarkan hasil tes yang berbeda dari pengamatan pertama, saya putuskan untuk mengulang kembali mengisi tes di buku itu. Kali Ini hasilnya sedikit berbeda. Angka untuk metode belajar visual mendominasi, dengan selisih satu angka saja untuk auditory; sementara untuk kinestetik sedikit sekali. Berarti kecenderungan visual saya lebih dominan, walaupun mungkin juga dipengaruhi oleh auditory. Masih cocok lah. Sementara untuk suami, belum bisa saya tes kembali karena beliau sedang di luar kota.

IMG-20170506-WA0007

Oh iya, dilihat dari daftar isinya buku ini sebenarnya cukup bagus untuk dicoba untuk mengenali kepribadian kita. Kalau sedang iseng, bolehlah mengisi waktu dengan buku ini. Asal mau jujur saja dalam mengerjakannya, lalu lihat apa hasilnya. Hanya saja, untuk beberapa tema personality test-nya saya bilang agak berlebihan. Seperti tes kepribadian yang dikaitkan dengan binatang dan warna kesukaan, saya kurang cocok dengan tes seperti itu karena rasanya kurang masuk di akal. Tapi selebihnya patut dicoba.

Leave a Reply

