Tantangan level 4: karakteristik visual yang lebih sesuai

Pengamatan 3

Kali ini saya masih penasaran mencari penjelasan lebih lanjut tentang gaya belajar VAK (visual, auditory dan kinestetik). Dari materi yang diberikan di kelas bunda sayang IIP (bisa dibaca disini), sebenarnya penjelasannya sudah cukup banyak. Hanya saja masih kurang sesuai dengan kondisi riil saya pribadi.

Saya kemudian banyak google sana sini, sampai akhirnya menemukan penjelasan yang lebih sesuai mengenai gaya belajar visual saya di blog bunda Nurul Fitri disini. Sumbernya sih tertulis dari Sidik Jari Cerdas FF 2011, hanya saja ketika saya browse kembali belum menemukan sumber secara onlinenya. Mungkin beliau pernah mengikuti analisa sidik jari sebagai tes bakat dan mendapatkan materinya secara offline. Saya harus tanyakan hal ini kepada beliau. Akan tetapi secara garis besar penjelasannya lebih masuk ke saya. Noted, kakak.

Di blog beliau diterangkan mengenai 12 ciri tipe gaya belajar visual. Ini saya tuliskan dulu disini ya, untuk selanjutnya akan menjadi bahan pembahasan untuk pengamatan saya.

12 ciri tipe gaya belajar visual

  1. Lebih senang belajar dengan cara melihat gambar, tabel, aneka bentuk dan pemandangan. Mereka lebih peka jika melihat warna-warna yang menarik.
  2. Lebih senang mengungkapkan emosi dengan cara bahasa tubuh, ekspresi wajah dan cenderung lebih mudah ketika mempelajari bahasa sandi.
  3. Cenderung menyukai menggunakan gambar, peta, grafik, diagram bahkan mind map ketika menjelaskan sesuatu.
  4. Memiliki daya ingat yang kuat mengenai hal yang pernah dilihatnya. Contohnya selalu ingat pada jalan yang pernah dilalui olehnya.
  5. Dalam hal berpakaian, cenderung modis, serasi dan rapi. Menyenangi berpakaian dengan baik, termasuk menyesuaikan warnanya.
  6. Senang memperhatikan ekspresi lawan bicara, temasuk bahasa tubuhnya, gerakan atau bibir guru yang sedang mengajar.
  7. Lebih senang membaca buku sendiri daripada dibacakan. Tipe gaya belajar visual juga mahir dalam mengeja. Kebiasaan dibacakan, biasanya berlaku untuk anak yang masih kecil.
  8. Lebih mudah mengingat wajah seseorang dibandingkan harus mengingat nama seseorang. Untuk mempermudah mengingat nama seseorang, biasanya tipe visual mencoba membayangkan sususan huruf pada nama orang tersebut.
  9. Ketika mempunyai mainan baru, anak visual lebih suka melihat dulu petunjuk yang ada pada buku manual atau cara pengggunaan di kotak kemasan.
  10. Kerap sering terlihat merenung, melamun atau berkhayal dalam aktivitas yang kreatif seperti menulis, menggambar atau memahat
  11. Tipe gaya belajar visual terkadang tidak langsung bereaksi pada suatu hal yang baru didengarnya, tapi cenderung berpikir terlebih dahulu.
  12. Ketika belajar di sekolah, lebih menyukai duduk di bangku deretan depan. Dia bisa duduk dengan tenang tanpa terganggu meskipun suasana di sekitar kelasnya gaduh atau bising.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s