Proyek keluarga: menyusun menu 10 hari*

HARI KESEMBILAN

Alhamdulillah. Proyek kali ini adalah bagian dari praktik bunda cekatan yang menjadi konsentrasi saya tahun ini. Setiap hari saya masih berjuang untuk menambah jam terbang saya dalam praktik memasak.  Dari hari ke hari, saya pun makin menikmatinya ketika saya berhasil mencoba satu resep ke resep berikutnya. Walaupun masih ada kekurangan di sana sini, tapi tidak masalah. Practice makes you improving. Itu saya percayai sekali. Sampai hari ini, kepercayaan diri saya terus meningkat karena suami sendiri yang bilang masakan saya enak. Walaupun tidak ada dokumentasi hasil masak sama sekali karena kamera dari hp yang jadul tidak bisa memuaskan idealisme saya sendiri, hehe.

Saya bahkan memasukkan praktik memasak ke dalam tantangan 10 hari materi melatih kemandirian. Di tantangan materi ketiga, akhirnya saya putuskan untuk naik satu level dalam menyusun menu untuk 10 hari.

Tidak gampang (bukan sulit ya, ingat materi komprod untuk diri sendiri). Saya harus jujur, untuk proyek ini saya lalai mengerjakannya harian. Baru kemarin (7/4), saya benar-benar berkonsentrasi mengerjakan proyek, membuat resume menu seperti apa yang saya ingin masukkan di proyek ini, serta mencari-cari referensi, mulai dari buku Bunda Cekatan: 12 Dasar Manajemen Rumah Tangga, hingga ke buku-buku dan tulisan-tulisan mengenai metode food combining dan clean eating yang saya mulai gemari belakangan ini. Eh bukannya serius mengerjakan proyek, malah akhirnya saya keasyikan membaca buku-buku tersebut, hehe.

Coba saya mulai dengan resume proyek ini terlebih dahulu ya.

Proyek Menyusun Menu 10 hari

Pelaksana: Istri

Durasi: Tanggal 1 – 10 April 2017

Pelaksanaan: Menyusun menu harian sederhana yang sehat dan bergizi yang memenuhi standar halal dan thayyib yang bisa dipraktikkan dan didokumentasikan kelak sebagai referensi menu 10 hari keluarga saya.

1. Do your best2. Be ready to learn3. Eyes forward and listen4. Raise your hand5. Be respectful6. Say please and thank you7. Keep hands to yourself8. Follow directions9. Try new things10

Dalam penyusunan proyek ini, ternyata saya lebih banyak memakai waktu untuk browsing dan lagi-lagi mengumpulkan resep, baik di bookmark homepage internet maupun di dokumen Word di laptop. Lha, kebanyakan resep malah jadinya bikin bingung.

Akhirnya saya putuskan untuk mengklasifikasi penyusunan menu berdasarkan resep yang sudah pernah saya coba buat. Karena intinya kan untuk memasukkan resep-resep sederhana dalam menu 10 hari. Resep yang sudah saya coba masak pastinya adalah resep paling simpel menurut saya. Mana mungkin lah saya latihan pakai resep yang ribet-ribet, hehe. Dan ternyata sudah cukup banyak juga resep latihan saya, terhitung ada 30 resep, hehe.  Walaupun kalau ditanya apa resepnya, saya pasti ga bisa jawab saking culunnya saya. Wong saya kalau masak masih pakai contekan, hihi. Jadi dengan penyusunan seperti ini saya bisa sekaligus menambah jam terbang praktik resep-resep tersebut. Kedepannya semoga ingatan saya tentang resep-resep itu makin melekat, sehingga makin hafal.

Setelah membuat list resep masakan yang sudah dicoba yang hasilnya bisa dikatakan Alhamdulillah sukses (karena kadang enak, kadang keasinan, dan kadang kurang pedas, hehe), saya mulai menyusun menu 10 hari seperti yang saya inginkan. Awalnya masih kebingungan mengkombinasi menu lauk dan sayur, tapi setelah menyusun menu utama yang akan dimasak untuk makan malam, saya bisa leluasa menyesuaikan menu makan siang sekaligus menu bekal untuk suami ke kantor. Menu makan siang lebih sederhana dibandingkan dengan menu makan malam yang akan dihidangkan untuk suami. Menu sarapan lebih gampang lagi karena saya memilih buah-buahan sebagai menu sarapan utama bagi saya dan pak suami. Jadwal utama memasak saya adalah di sore hari, supaya makanan yang dihidangkan kepada suami lebih hangat dan fresh tentu saja. Tapi persiapan bahan-bahan masakan sudah bisa disiapkan dari siang hari. Resep-resep yang saya pilih adalah yang racikannya bisa disimpan di kulkas untuk beberapa waktu sehingga di sore hari lebih mudah, tinggal menggoreng-goreng atau menumis sayuran.

Jadi, ini dia menu 10 hari yang sudah saya susun. Karena perbendaharaan resep saya belum terlalu banyak, semoga dimaafkan jika ada satu dua menu yang kurang pas kombinasinya, hehe.

*Tulisan ini telah diedit beberapa kali sesuai dengan kemajuan progres proyek.

**Susunan menu 10 harinya masih dalam proses editing di canva dot com. Semoga bisa segera dishare.

Leave a Reply

