Komunikasi produktif dan #tantangan10hari

Tanggal 23 Januari lalu kami ibu pembelajar kembali memulai sekolah online kami di Institut Ibu Profesional. Yes, sesudah menyelesaikan matrikulasi IIP, kini kami memasuki materi bunda sayang. Flashback ke bahasan matrikulasi IIP terutama materi II, materi yang dibahas pada kelas bunda sayang adalah materi-materi yang akan meningkatkan kualitas ibu dalam mendidik anak-anaknya, sehingga bisa menjadi guru utama dan pertama bagi anak-anaknya.

Sebenarnya saya sudah punya dua buku karya ibu professional IIP yang berjudul Bunda Sayang dan Bunda Cekatan. Tapi karena saya memutuskan waktu itu untuk mendalami materi Bunda Cekatan dikarenakan belum memiliki anak, jadilah buku Bunda Sayang sama sekali belum saya buka dan bahkan baca. Jadi ini seperti curi start duluan.

Oh iya, materi pertama kelas Bunda Sayang seperti biasa bisa dibaca pada blog saya yang satu lagi ya (cari: bunebelajar dot wordpress dot com). Dan seperti biasa di kelas IIP ada tugas yang harus kami penuhi sebagai bagian dari komitmen kami untuk belajar. Kalau dulu namanya Nice HomeWork, kali ini tugasnya adalah dalam bentuk tantangan 10 hari. Karena materi memang diberikan satu kali dalam satu bulan, kami punya waktu lebih lama untuk mengerjakan tantangan tersebut. Inti dari tantangan 10 hari adalah melakukan perubahan-perubahan dengan komitmen dan konsisten. Jadi ini semakin melatih diri kami pada praktik-praktik yang diajarkan pada bahasan materi.

Nah tantangan bulan ini adalah membuat family forum sebagai sarana komunikasi ala keluarga kami. Disini kami harus menjalankan praktik berkomunikasi positif sesuai dengan materi yang diberikan dan kemudian menuliskan hasilnya.

Membaca sekilas tantangan yang diberikan, saya harus berulang kali mencerna maksud dari tantangan ini. Bingung sekali sekaligus juga khawatir bahwa saya tidak bisa menjalankan tugas terutama bila ini betul adalah tantangan yang harus dikerjakan selama 10 hari, seperti tertera pada judulnya. Dua hari berlalu dari waktu pemberian tugas, saya masih belum paham dan mulai cemas. Belum tahu akan seperti apa mengerjakan praktik tugas dan seperti apa pula akan menuliskannya.

Setelah merenung, akhirnya saya paham bahwa saya harus melewati tahap awal dari materi komunikasi produktif terlebih dahulu, yaitu komunikasi dengan diri sendiri. Karena tantangan terbesar pada komunikasi adalah mengubah pola komunikasi kita sendiri. Saya sangat merasa bahwa apa yang keluar dari lisan saya mungkin sering tanpa melalui proses pemilihan kata yang baik, bahkan cenderung blak-blakan tanpa panjang pikir kalau sudah berada di lingkungan yang nyaman. Hasilnya mungkin tidaklah produktif sebagaimana yang bisa dilakukan apabila melakukan sebaliknya. Kuncinya adalah pada pengendalian diri. Karena kosakata kita adalah output dari struktur berpikir dan cara kita berpikir. Ketika kita selalu berpikir positif, maka kata-kata yang keluar dari lisan kita juga kata-kata positif, demikian juga sebaliknya. So, dimulai dari diri sendiri. Saatnya memilih kata-kata yang hanya membawa energi positif.

Yes, tugas kelas Bunda Sayang adalah tantangan, dan bukan masalah. Tantangan 10 hari sungguh tidaklah sulit, tapi justru sangat menarik untuk dipraktikkan. Saya bisa mengerjakan tugas ini In syaa Allah dan saya akan cari tahu bagaimana mengerjakan tantangan ini ala saya sendiri. Bismillah. Because, I’m responsible for my communication result.

#hari1

#tantangan10hari

#catatan24januari

#komunikasiproduktif

#kuliahbunsayiip

NB: Untuk setoran #tantangan10hari berikutnya, saya masih ragu untuk menampilkan masing-masing setoran di blog. Ada pertimbangan untuk menempatkannya di google doc dan memberikan link saja di setoran pertama saya ini. We’ll see. In syaa Allah.

Leave a Reply

