NHW#8: menggali produktivitas

Nice HomeWork (NHW) dari materi ke-8 matrikulasi IIP kali ini mengajak kami ibu pembelajar untuk belajar menggali penerapan teknis dari menemukan misi hidup untuk menunjang produktivitas keluarga. Kami langsung praktik pada aktivitas yang kami suka dan bisa untuk bisa semakin produktif. Rasanya memang bersemangat yah. Dengan tanpa lelah berikhtiar membaca surat cinta dari Allah untuk menemukan misi spesifik hidup saya, bismillah ini NHW#8 saya.

Ambil salah satu dari ranah aktivitas yang sudah teman-teman tulis di kuadran SUKA dan BISA (lihat NHW#7)

Saya memilih aktivitas belajar/menuntut ilmu.

Jawablah pertanyaan “BE  DO HAVE” di bawah ini:

  1. Saya ingin menjadi apa?

Saya ingin menjadi seorang perempuan muslimah yang bermanfaat bagi diri sendiri, keluarga, dan lingkungan sekitar. Untuk mencapai itu, saya harus terus belajar untuk senantiasa meng-upgrade diri saya sebelum memberikan ilmu keluar.

  1. Saya ingin melakukan apa?

Saya ingin memaksimalkan aktivitas menuntut ilmu sebagai sebuah kesatuan dengan aktivitas membaca dan menulis. Ketika saya sudah mempelajari suatu ilmu baik melalui membaca buku/tulisan atau menghadiri majelis ilmu, saya ingin dapat menyampaikannya kembali untuk berbagi manfaat, menuliskannya kembali dalam bentuk tulisan dan menuangkannya di blog pribadi saya. Tidak lupa juga saya harus memperhatikan adab-adab dalam menuntut ilmu untuk meraih keberkahan ilmu.

  1. Saya ingin memiliki apa? (HAVE)

Saya ingin memiliki penguasaan yang menyeluruh atas ilmu-ilmu dasar yang harus dikuasai di universitas kehidupan. Untuk saat ini ilmu tersebut adalah yang terkait pendidikan anak dan manajemen rumah tangga.

Perhatikan 3 aspek dimensi waktu di bawah ini dan isilah.

  1. Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu kehidupan kita (lifetime purpose)

Saya ingin menikmati hidup dalam keadaan sadar dan penuh rasa syukur. Bersama suami, kami ingin menjalani hidup penuh ketaatan kepada Rabb kami dan menjadi keluarga yang bermanfaat bagi lingkungan sekitar serta menjadi jalan rezeki bagi orang lain.

  1. Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu 5-10 tahun ke depan (strategic plan)

Saya ingin menjadi ibu rumah tangga yang produktif sambil menemani anak-anak kami tumbuh dan berkembang apabila Allah memberikan amanah itu kepada saya dan pak suami. Dalam kurun waktu 5 tahun, saya sudah harus menguasai ilmu Bunda Sayang dan Bunda Cekatan, sebelum masuk ke tahapan pembelajaran Bunda Produktif dan Bunda Solehah.

  1. Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu satu tahun (new year resolution)

– Mempraktekkan materi Bunda Cekatan dalam kehidupan sehari-hari dan menjadikannya sebagai deep habit

– Mempelajari materi Bunda Sayang dan membuat kurikulum pengasuhan anak dan keluarga

– Menjadikan membaca sebagai deep habit, minimal 1 buku per pekan, kemudian membuat resume dan mempraktekkan ilmu yang didapat

– Menulis rutin di blog pribadi minimal 1 tulisan per pekan, sehingga menulis menjadi deep habit

– Belajar ilmu-ilmu yang mendukung seperti ilmu penulisan, financial planning, mindfulness, dan sebagainya.

Ini ada satu quote bagus dari bunda Septi Peni. Semoga menjadi penyemangat ^^

Mulailah dengan PERUBAHAN, karena pilihannya hanya satu: BERUBAH atau KALAH.

Leave a Reply

