NHW#7: memetakan potensi

Alhamdulillah. Senang sekali kali ini ada kesempatan untuk melakukan tes bakat di Nice HomeWork #7 kelas matrikulasi Institut Ibu Profesional. Ini seperti memetakan berbagai pertanyaan tentang bakat dan bidang yang saya minati sebenarnya. Ada pepatah yang mengatakan jadilah dirimu sendiri atau be your self, tapi istilah ‘menemukan diri sendiri’ ini masih menjadi misteri, mininal bagi saya pribadi. Hehe..

Ada dua tugas di NHW#7 kali ini. Yang pertama adalah pencarian bakat dengan mengisi kuesioner di temubakat.com. Dan ini hasil tes bakat saya,

Menurut tes bakat tersebut, potensi kekuatan saya ada pada bidang caretaker, distributor, journalist, operator, restorer dan server (melayani). Sedangkan potensi kelemahan saya pada poin commander, creator (menciptakan sesuatu), marketer, seller, strategist dan visionary. Analisa dari hasil tes bakat ini akan saya lampirkan menyusul.

Kemudian tugas kedua dari NHW#7 adalah membuat kuadran aktivitas. Sebagai berikut:

Kuadran  1 (aktivitas yang saya suka dan bisa) antara lain menulis, membaca, belajar ilmu baru, sharing informasi, berinternet atau menggunakan gadget untuk mencari data, dan membersihkan rumah.

Kuadran 2  (aktivitas yang saya suka tetapi tidak bisa) antara lain menulis yang baik dan berkualitas, membaca teratur, membuat desain grafis/menggambar, memasak, bertanam, membuat prakarya tangan, menjahit, dan menata rumah.

Kuadran 3 (aktivitas yang saya tidak suka tetapi saya bisa) antara lain membuat filing dan merapihkan data dan membuat laporan keuangan.

Sementara yang masuk di kuadran 4 (aktivitas yang saya tidak suka dan tidak bisa) sepertinya cukup banyak, misalnya berbicara di depan publik, menjual atau mempromosikan barang, membuat perencanaan, menjadi penggerak, atau menyusun konten strategis.

Demikian tugas NHW#7 kali ini saya tuliskan. Tidak bisa menulis lebih panjang daripada ini karena saya menulis dari HP. Mendadak laptop minta direstart setelah install update Windows 10. Sekian.

Leave a Reply

