Perjalanan menuju ibu profesional

Hasil dari jalan-jalan online saya beberapa hari ini adalah pencerahan baru setelah menengok perjalanan hidup beberapa ibu pembelajar di Institut Ibu Profesional (IIP). Saya memang suka sekali menengok tulisan tugas para ibu pembelajar sebagai pembanding, atau lebih tepatnya untuk referensi saya pribadi. Tidak untuk menilai mana yang benar atau yang salah, tapi memperkaya wawasan saya. Because each we are unique, that’s how Allah creates us, right?

Alhamdulillah saya bergabung dengan kelas matrikulasi IIP  (batch 2 yang saya ikuti) di saat yang tepat, ketika saya sedang membutuhkan forum yang bisa menambah ilmu saya tentang parenting khususnya. Seorang teman baik memberi saran untuk mengikuti IIP dan Home Schooling Moms Nusantara (HSMN) yang keduanya adalah forum online. Dan qadarullah, kebetulan IIP sedang membuka kelas matrikulasi batch 2.

tahapan-iip

Sebenarnya saya sudah lama dengar nama institut ini, hanya waktu itu karena kesibukan di dunia lain, saya tidak terlalu berminat atau pun ingin tahu. Jadilah seperti sekarang ini. Baru belakangan juga saya baru tahu bahwa kelas matrikulasi ini justru baru ada 2 batch. Ada juga sebelumnya kelas online seperti Rumah Belajar (Rumbel) yang pengelompokannya sesuai domisili kota dan minat & passion dari ibu-ibu profesional  (contoh: Rumber Menulis IIP Bandung). Wah seru deh kalau dari dulu saya tahu dan bisa gabung Rumbel IIP ini.

Eh tapi ada hikmahnya juga saya baru gabung IIP belakangan. Di saat saya memang membutuhkan forum belajar seperti itu. Karena selama mengikuti kelas dan mengerjakan tugas Nice Homework (NHW), saya benar-benar seperti menata ulang hidup saya. Luar biasa, sepertinya ini memang takdir Allah. Beberapa ibu pembelajar yang saya tahu sepertinya mengalami hal yang sama seperti saya. Ketika menjawab beberapa pertanyaan NHW, kami seperti dibawa untuk mengenali diri kami kembali. Saya pribadi mereka ulang jawaban-jawaban yang tepat untuk NHW saya, sesuai dengan perubahan-perubahan yang terjadi pada diri saya belakangan. Ada juga pertanyaan yang harus saya jawab untuk pertama kalinya, karena sebelumnya tidak pernah terpikirkan. Boro-boro deh.

Sampai saat ini, yaitu pada NHW#5 (sudah separuh perjalanan ternyata), ada juga pertanyaan NHW yang saya rasa jawabannya masih akan berubah seiring berjalannya hidup. Bukannya saya tidak bersungguh-sungguh mengerjakan tugas atau hanya sekedar supaya ada jawaban, tapi memang saat itu itulah jawaban terbaik yang bisa saya berikan. Banyak juga pertanyaan baik dari materi kelas matrikulasi IIP dan review NHW yang belum saya jawab, tapi semuanya mendorong saya untuk terus memperbaiki dan mengembangkan diri dalam menjalankan peran-peran saya di masyarakat, sebagai individu, sebagai istri dan kelak ibu, juga sebagai anggota masyarakat.

Beberapa tahun belakangan saya tidak terlalu memikirkan kepentingan pribadi dan cenderung mengutamakan kepentingan dakwah. Bukannya itu salah, hanya saja seperti berat sebelah. Kali ini saya tidak ingin melupakan. Saya ingin menguatkan peran saya sebagai individu, ketika secara bersamaan harus melakukan peran-peran lainnya di masyarakat. Saya harus juga kuat di dalam, ketika ingin keluar mengepakkan sayap memberikan kontribusi untuk memperbaiki umat.

Menjadi seorang ibu yang profesional adalah dambaan saya. Saya juga ingin menjadi ibu yang pintar, seperti yang mbak Wina Risman sampaikan di tulisan beliau di Grup FP Elly Risman & Family (bisa lihat kutipannya disini). Saya sudah pernah merasakan susah payahnya menjadi kakak pendidik bagi adik-adik Payisc Al-Azhar ketika saya bahkan tidak tahu bagaimana cara mendidik mereka yang benar secara Islam. Saya ingin belajar menjadi seorang ibu karena peran itulah yang menurut saya luar biasa limpahan ladang pahalanya. Saya tidak pernah lupa bahwa saya selama ini belajar untuk hidup karena limpahan kasih sayang seorang manusia bernama Mamah.

Terima kasih mamah. Aku kini belajar untuk menjadi seperti dirimu.

Ini adalah perjalanan saya untuk menjadi seorang ibu profesional. Aamiin..

Leave a Reply

