NHW#4 : inilah KM 0 saya

​Salam. Berikut adalah setoran NHW#4 saya yang tertunda, karena saya masih mereview beberapa poin pada matrikulasi Ibu Profesional 3. Sempat gamang beberapa waktu lalu (baca tulisan sebelumnya disini), tapi alhamdulillah sudah lebih tenang setelah menyelesaikan pencarian misi spesifik hidup sendiri, hehehe. Alhamdulillah juga mendapat banyak pencerahan dari diskusi seru ibu-ibu pembelajar yang luar biasa di grup IIP Jakarta batch 2. So let’s start the show..

Kembali pada Nice Homework #1 , apakah sampai hari ini anda tetap memilih jurusan ilmu yang sudah dipilih atau ada yang ingin diubah? 

Saya akan tetap memilih jurusan ilmu tersebut karena memang sudah sesuai dengan misi spesifik saya. Hanya sepertinya perlu dilengkapi bahwa pengembangan diri yang dimaksud adalah pengembangan diri pada pendidikan ibu, anak serta managemen rumah tangga/keluarga.

Review kembali Nice Homework #2, sudahkah kita belajar konsisten untuk mengisi checklist harian kita? 

Belum. Konsistensi masih merupakan peer besar, terutama untuk menuliskan harian. Beberapa indikator saya praktikkan langsung tanpa dituliskan sehingga belum ada evaluasi yang terukur. Di satu sisi, saya masih merumuskan (review) checklist ideal saya. Ini yang melambatkan saya. Tapi akan saya segera selesaikan dan membuatnya tertulis sebagai bahan evaluasi. Saya mau melatih keras diri saya untuk melakukan checklist dengan bertanggung jawab.

Baca dan renungkan kembali  Nice Homework #3. Apakah sudah terbayang apa kira-kira maksud Allah menciptakan kita di muka bumi ini? 

Alhamdulillah, setelah merumuskan misi spesifik disini, saya sudah azzamkan bahwa untuk saat ini:

1) Misi hidup saya: memberikan pelayanan dan manfaat bagi banyak orang

2) Bidang: pendidikan ibu, anak dan manajemen rumah tangga

3) Peran yang diambil: pembelajar lalu pelayan (LEARNER & SERVER)

Bismillah.

Susunlah ilmu-ilmu apa saja yang diperlukan untuk menjalankan misi hidup tersebut.

Sejak awal, keputusan saya mengikuti kelas matrikulasi Ibu Profesional adalah untuk mempelajari ilmu-ilmu tersebut. Jadi saya tetapkan  tahapan ilmu yang harus dikuasai adalah sebagaimana tahapan Ibu Profesional :

1. Bunda Sayang : Ilmu-ilmu seputar pengasuhan anak

2. Bunda Cekatan : Ilmu-ilmu seputar manajemen pengelolaan diri dan rumah tangga

3. Bunda Produktif : Ilmu-ilmu seputar minat dan bakat, kemandirian finansial dll.

4. Bunda Shaleha : Ilmu tentang berbagi manfaat kepada banyak orang.

Tetapkan Milestone untuk memandu setiap perjalanan anda menjalankan misi hidup 

Saya baru berkonsentrasi menjalankan misi hidup pada bidang pendidikan ibu dan anak setelah mengikuti kelas matrikulasi Ibu Profesional. Sebelumnya saya masih mengalami kegalauan akibat efek tsunami information karena semua ilmu saya pelajari tanpa target dan evaluasi yang terarah. Jadi supaya tidak salah langkah lagi, bismillah saya memulai KM 0 saya dengan hati yang gembira dan lapang. Karena belajar dan terutama mempelajari bagaimana menjadi ibu profesional adalah sungguh-sungguh hal membuat saya berbinar-binar selama ini. It’s been a pleasure to learn more. Hingga saatnya nanti tiba saya dan pak suami menerima amanah keturunan, saya sudah siap lahir batin. Aamiin.

Berikut milestone yang saya tetapkan:
KM 0 – KM 1 (tahun 1): Menguasai Ilmu seputar Bunda Sayang

KM 1 – KM 2 (tahun 2): Menguasai Ilmu seputar Bunda Cekatan

KM 2 – KM 3 (tahun 3): Menguasai Ilmu seputar Bunda Produktif

KM 3 – KM 4 (tahun 4): Menguasai Ilmu seputar Bunda Shaleha

Langkah berikutnya adalah segera menyelesaikan review checklist indikator perempuan profesional saya dan membuatkannya tertulis. Kemudian bersama pak suami menemukan makna misi keluarga kami. 

Sepanjang proses itu, kembali praktik, praktik dan praktik. Biidznillah, bantu saya ya Rabb.

Leave a Reply

