Foto iseng

Image

Tetiba menemukan foto ini di antara tumpukan koleksi foto di memori eksternal.

Jadi teringat peristiwa di balik pengambilan foto ini. Padahal iseng aja, ga minta izin dengan si empu lemari buku ini waktu ambil foto. Tapi jujur saja, saya penasaran dengan koleksi buku keluarga ini. Kebetulan waktu itu menemani si mamah mengunjungi seorang teman lama sekaligus sahabat karib beliau di sekolah dulu. Ternyata sang teman lama dan keluarganya cukup religius juga, mendengar kisah perjalanan beliau dan suami berpindah-pindah dan ikut mengurus taklim di lingkungan sekitar. Akhirnya lah, waktu itu langsung main jepret kamera handphone.

Foto itu diambil tahun lalu seharusnya, tapi saya baru sekali ini memerhatikan dengan seksama apa saja koleksi bukunya. Haha. Ternyata menarik juga. Ada beberapa buku karangan Quraish Shihab, pak Adian Husaini, Buya Hamka tentang Tasauf, Nurcholis Majid pun, ada pula tentang para istri Nabi dan Ahlul Bait, dan beberapa buku lainnya. Hmmm..

Sepertinya ungkapan you are what you read mungkin tepatAtau mungkin juga kurang tepat hehee.. Tidak ada hak saya untuk menilai si empu pemilik buku ini dari sedikit koleksi buku ini untuk kemudian menjustifikasi seperti apa pemikiran-pemikiran beliau. Tapi peletakan buku-buku bertema Islam di ruang tamu ini sudah sedikit memberikan gambaran bagaimana pandangan si pemilik terhadap Islam. Menarik, itu ungkapan yang lebih tepat kali ini.

 

Inti tulisan ini apa?** Ah saya hanya ingin mengungkapkan keinginan yang sama untuk mengkoleksi buku-buku seperti beliau, hehehe. Tentu buku-buku yang sarat dengan keagamaan.

Tiap menghadiri kajian keagamaan, menyadarkan saya betapa masih minimnya ilmu tentang Tuhan saya, Allah, tentang Nabi saya, Muhammad dan para Sahabat, tentang kitab agama saya, al-Qur’an, dan tentang Islam, agama saya. Tentu saya berharap untuk mendapatkan ilmu-ilmu tersebut dari guru-guru yang benar, dan bukan yang salah.

Ya Rabb, tunjukilah hamba jalan yang benar, jalan-Mu.

** Draft tulisan dibuat di tahun 2014. Dihitung-hitung sudah mengendap di draft blog selama hampir dua tahun. Tapi karena foto ‘iseng’ yang sangat berkesan, jadi saya share kali ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s