Jadikan Mereka Sahabatmu.

Salaam.

Nabi saw. bersabda, “Sesungguhnya amalan seorang hamba yang akan dihisab pertama kali pada hari Kiamat adalah amalan shalatnya. Jika shalatnya telah benar, maka dia akan beruntung dan berhasil. Namun, jika shalatnya itu rusak, maka dia akan merugi. Dan jika amalan wajibnya masih ada yang kurang, maka Rabb ‘Azza wa Jalla akan berkata, “Lihatlah, apakah dia masih memiliki amalan sunnah?” (Jika didapati dirinya mempunyai amalan sunah), maka amalan wajibnya yang masih kurang tadi disempurnakan dengan amalan sunahnya. Kemudian semua amalannya disempurnakan pula dengan amalan sunahnya tersebut.”[(Diriwayatkan oleh Turmudzi dan Nasa’I dari Abu Hurairah, Shahih Al-Jami’ (2020).]

Kawan, jadikan shalat dan amalan sunah sebagai sahabatmu. Jika kau sudah lalaikan shalat, apa jadinya amalan-amalan lain selain shalat itu? Semoga kita tak lebih melalaikannya lagi. Perbaikilah kualitas shalatmu dan hadirkan Rabb-mu di setiap gerakan dan bacaan shalat. Jangan sampai kita hanya dapatkan letih dan lelah dari shalat kita, dan jadikan ia sebagai rutinitas tanpa makna dan ruh di dalamnya. Perbanyaklah pula amalan-amalan sunnah sebagai bekal di akhiratmu nanti.

Semoga kita diberikan karunia yang besar oleh Alloh SWT untuk ditunjukkan petunjuk dan hidayah-Nya. Dan marilah kita mencari jalan menuju-Nya. Semoga ini menjadi pembelajaran, termasuk untuk penulis.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s