Bulan Ramadhan: Bulan Kesembilan

Salaam.

Allah SWT berfirman: “(Hari-hari yang ditentukan untuk berpuasa itu) adalah beberapa hari tertentu, yakni yang terjadi di bulan Ramadhan yang ketika itu (permulaan) al-Qur’an diturunkan”. (Baca QS. al-Baqarah [2]:185).

Ada satu fakta yang saya baru pahami, bahwa bulan setelah Ramadhan adalah Syawwal, di mana kita rayakan Idul Fithri, yaitu hari kembali ke asal kejadian, hari kembali ke fithri, hari kita lahir di mana ketika itu kita tidak membawa satu dosa pun. Nabi saw. bersabda: “Siapa yang berpuasa dengan iman dan tulus, dia terbebas dari dosa bagaikan seorang yang baru saja dilahirkan.” Kita ber-Idul Fithri setelah kita berpuasa selama satu bulan Ramadhan.

Kita semua tahu bahwa umumnya manusia dikandung selama sembilan bulan dan lahir pada bulan kesepuluh. Bulan Ramadhan merupakan bulan kesembilan dari rentetan bulan-bulan Qamariyah, sedang bulan Syawwal adalah bulan kesepuluh. Agaknya bulan Ramadhan itu yang dipilih agar setelah bulan kesembilan itu berlalu -dengan berpuasa- kita benar-benar dapat lahir kembali terbebas dari semua dosa seperti halnya anak yang baru lahir. Subhanallah.

Inilah salah satu makna bulan bulan Ramadhan, di mana kita diwajibkan untuk berpuasa. Wallahu a’lam.

Sumber: Quraish Shihab – 1001 Soal Keislaman Yang Patut Anda Ketahui

Advertisements

2 thoughts on “Bulan Ramadhan: Bulan Kesembilan

  1. Sebagai muslim, sudah seharusnya kita juga tahu dan hrs hafal bulan2 Islam. Jgn bulan masehi aja… Yuk kita hafal MUHARRAM, SAFFAR, RABI’UL AWWAL, RABI’UL ATS-TSANI, JUMADAL ‘ULA, JUMADAL UKHRA, RAJAB, SYA’BAN, RAMADHAN, SYAWWAL, DZULQA’DAH, DZULHIJJAH. These are the months in Islam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s